Senin, 22 Februari 2010

Mengapa Belajar Bahasa Indonesia

Dikutip dari :www.ialf.edu/kipbipa/abstracts/ibputrayasa.htm

Fungsi mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia adalah sebagai sarana pengembangan penalaran (Parera, 1997). Pembelajaran bahasa Indonesia selain untuk meningkatkan keterampilan berbahasa, juga untuk meningkatkan kemampuan berpikir, bernalar, dan kemampuan memperluas wawasan (GBPP Bahasa Indonesia, 1993). Kedua pernyataan di atas menjadi dasar pemikiran model inkuiri sebagai salah satu alternatif metode dalam pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing (BIPA).

Dipilihnya model inkuiri sebagai salah satu alternatif metode dalam pembelajaran BIPA dilandasi oleh dua alasan, yakni: alasan teoretis dan empiris. Alasan teoretis ini didukung oleh teori-teori, antara lain: Dimyati, 1999; Towbridge, 1990; Welton dan Mallan, 1996; dan Grote, 1998 karena pada dasarnya belajar bahasa adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir dan bernalar di samping untuk meningkatkan keterampilan berbahasa. Alasan empiris berkaitan dengan hasil-hasil penelitian yang dilakukan oleh: Lawson, 1992; Renner, 1992; University of Philipine, 1996; Muir, 1991; McCune, 1992; dan Wartono, 1996. Hasil-hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri secara meyakinkan lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional, baik dalam meningkatkan keterampilan berpikir maupun dalam prestasi belajar.

Sedangkan menurut saya, belajar Bahasa Indonesia adalah untuk mempertahankan dan mempersatukan kita sebagai bangsa Indonesia, walaupun terdapat bahasa daerah di Indonesia, Bahasa indonesia menjadi tolak ukur atau akar dari bangsa Indonesia sendiri. Untuk itu saya dan kita harus mempelajari Bahasa Indonesia, kalo bukan kita siapa lagi???

nama : Rico Felano (11107441)
kelas : 3KA01

Tidak ada komentar:

Posting Komentar